9 Tips untuk Copywriting yang Lebih Baik

 Kita semua belajar cara menulis di sekolah, tetapi dalam periklanan, ada beberapa teknik sederhana yang digunakan penulis berpengalaman untuk menyampaikan pesan dengan dampak yang lebih besar dan singkat. Tanpa terlalu tutorial, Anda akan menemukan 9 tips ini cukup berguna saat menulis surat penjualan, brosur, atau halaman web Anda berikutnya.


Hindari kata kerja wimpy—is dan be.

Kata kerja “lakukan-sedikit” ini hanya menempati ruang dan menyatakan bahwa sesuatu itu ada. Jadi jangan menulis "Ada satu kelalaian sederhana yang dapat mengubah kalimat dari membosankan menjadi brilian." Tulislah “Satu kelalaian sederhana dapat mengubah kalimat dari membosankan menjadi brilian.” Demikian pula, hindari "Kami akan menjalankan program baru dari kantor Dallas kami." Sebagai gantinya, pilih "Kami akan menjalankan program baru dari kantor Dallas kami."


Tempatkan item terpanjang di akhir seri.

Mulailah dengan yang sederhana dan bekerja menuju kompleks. Ini kurang membingungkan dan membuat akhir kalimat lebih berkesan. Jika Anda memiliki serial seperti "Dia selalu lebih lambat dari Joan, keras dan membosankan." Pilih "Dia berisik, membosankan, dan selalu lebih lambat dari Joan."


Spesifik lebih meyakinkan.

Kecuali Anda harus karena alasan hukum, jangan gunakan kata-kata seperti banyak, beberapa, kira-kira, hampir dan pengubah musang lembek lainnya. Spesifik memberi tahu audiens Anda bahwa Anda tahu apa yang dapat dilakukan produk Anda berdasarkan tes, penelitian, hasil, dll.


Ubah tetanggamu.

Klausa tetangga, yaitu. Pastikan pengubah Anda berlaku langsung ke klausa terkait yang dimaksud. Lakukan ini dan Anda akan menghindari kesalahan seperti “Saya bertabrakan dengan truk stasioner yang datang dari arah lain. (Truk itu tidak datang ke arah lain, itu diam.) Lebih baik memberi tahu hakim "Saya datang ke arah lain dan bertabrakan dengan truk yang tidak bergerak." (Anda masih akan membayar penalti karena menabrak truk, tetapi setidaknya Anda akan terlihat sadar.)


Gunakan kata kerja tunggal untuk menghindari doublespeak.

Kata kerja tunggal sering dapat melakukan pekerjaan dari dua kata kerja yang serupa. Alih-alih "Komputer beroperasi dan berjalan dengan lancar," pilih "Komputer berjalan dengan lancar." Atau, alih-alih "Dia kosong dan kehabisan bensin," gunakan kata yang lebih langsung "Dia kehabisan bensin."


Variasikan panjang kalimat.

Serangkaian kalimat dengan panjang yang sama bisa jadi membosankan. Mulailah dengan kalimat pendek atau setidaknya yang panjangnya sedang, lalu panjang, pendek, sedang, atau kombinasinya. Bayangkan seseorang berbicara dalam kalimat yang panjangnya sama. Robotik.


Apakah kalimat Anda seperti Kelinci Energizer?

Mereka terus dan terus. Hanya karena Anda menyampaikan informasi teknis yang legal atau rumit, bukan berarti Anda harus menggunakan kalimat serpentine yang sepertinya tidak pernah berakhir. Alih-alih mengatakan "Sinar laser, yang memiliki banyak sifat yang membedakannya dari cahaya biasa, dihasilkan dari emisi energi dari atom dalam bentuk gelombang elektromagnetik." Putus dan ulangi frasa menjadi “Sinar laser memiliki banyak sifat yang membedakannya dari cahaya biasa. Mereka dihasilkan ketika atom memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.”


Pergi pendek dan manis.

Mengapa menggunakan frasa 4 hingga 5 kata ketika versi 1 hingga 2 kata akan berhasil dengan baik — tanpa kehilangan makna? Pernyataan seperti “mengingat fakta bahwa” dapat dengan mudah direduksi menjadi “sejak” atau “karena”. Penghematan kata sangat penting, terutama saat Anda membayar ruang iklan premium di publikasi besar.


Jangan melebih-lebihkan yang sudah jelas.

Redundansi baik untuk perjalanan ruang angkasa, tetapi tidak untuk penulisan yang jelas. Frasa seperti "mengantisipasi terlebih dahulu", "benar-benar selesai", atau "hal-hal penting" akan membuat pembaca Anda gila dan jarang berkomunikasi. Hal yang sama berlaku untuk merangkai dua atau lebih sinonim bersama-sama seperti "pemikiran dan gagasan" atau "tindakan dan perilaku." Itu membuat pembaca bertanya-tanya apakah Anda benar-benar bermaksud mengatakan dua hal yang berbeda atau hanya ingin memperkuat satu kata dengan sinonim yang tidak perlu.


Jadi, lain kali Anda berjuang dengan surat penjualan, surat, atau halaman web itu, ikuti aturan sederhana ini. Mereka akan membantu Anda mengomunikasikan pesan Anda dengan lebih jelas dan dengan daya jual yang lebih besar. Ingat, ada 26 huruf dalam alfabet bahasa Inggris. Gunakan dengan bijak.


LihatTutupKomentar