Siapa pun yang pernah mencoba memasarkan produk atau layanan
TI tahu bahwa ini adalah bidang spesialis. Pelanggan Anda di industri TI
memiliki persyaratan yang sangat unik dan spesifik, dan itu berarti Anda juga
demikian. Untuk menulis salinan yang menarik seputar penawaran Anda, Anda
memerlukan copywriter dengan pemahaman yang kuat tentang dunia TI – seseorang
yang tidak takut menyebut diri mereka sebagai “IT Copywriter”.
Jadi, bagaimana Anda tahu ketika Anda telah menemukan copywriter
TI? Dan – yang lebih penting – bagaimana Anda tahu apa yang diharapkan dari
mereka? 10 tips berikut akan memberi Anda pemahaman yang baik tentang kualitas
yang harus dicari – hal-hal yang membuat copywriter menjadi copywriter TI.
Mungkin kualitas yang paling menguntungkan dalam copywriter
TI adalah latar belakang yang kuat dalam industri TI. Jika copywriter Anda
berbagi pemahaman tentang domain Anda, Anda akan menghabiskan lebih sedikit
waktu untuk menjelaskan manfaat produk atau layanan Anda. Ingat terakhir kali
Anda melihat seseorang berkaca-kaca saat Anda menulis lirik tentang keajaiban
teknologi terbaru Anda? Anda tidak ingin itu terjadi saat Anda memberi
pengarahan kepada copywriter Anda. Lebih penting lagi, Anda tidak ingin itu
terjadi ketika calon pelanggan Anda membaca salinan Anda!
2) Pengalaman menulis teknis
Penulis teknis yang baik berpengalaman dalam menjembatani
kesenjangan pengetahuan. Ini berarti mereka harus memahami teknologinya, tetapi
mereka juga harus bisa membicarakannya dalam bahasa orang awam. Seorang
copywriter dengan pengalaman menulis teknis di industri TI cenderung memiliki
pengetahuan domain dan kemampuan untuk mulai bekerja. Mereka akan cepat
menyerap, sehingga mereka akan memahami produk atau layanan Anda lebih cepat
daripada kebanyakan orang.
Tentu saja, tidak setiap penulis teknis adalah copywriter
TI. Anda harus yakin mereka dapat menulis salinan yang menarik – bukan hanya
manual instruksi kering. Lihatlah sampel dan testimoni mereka sebelum membuat
keputusan.
Pertimbangan penting lainnya – terutama jika Anda mencari
copywriter situs web – adalah, apakah mereka memiliki pengalaman menulis
online? Menulis untuk media online sama sekali berbeda dengan menulis untuk
media cetak. Pembaca memiliki persyaratan dan tujuan yang berbeda, dan kondisi
membaca sangat berbeda. Banyak penulis teknis telah menulis bantuan online,
jadi mereka harus tahu bagaimana mengatasi perbedaan ini. Yang pasti, minta
mereka untuk merekomendasikan panjang halaman maksimum atau jumlah kata per
halaman. Jawaban yang benar harus mencakup beberapa komentar tentang pertukaran
antara masalah pengguliran dan kebutuhan akan jumlah kata kunci yang tinggi
untuk SEO. Tanyakan kepada mereka apakah mereka lebih suka kalimat panjang atau
pendek (dan berharap mendengar "pendek").
3) Pendidikan Lanjut
Produk dan layanan TI umumnya sangat kompleks. Terlebih
lagi, kebutuhan konsumen akhir juga sangat kompleks dan unik. Ini berarti
biasanya ada kurva belajar yang cukup curam bagi siapa pun yang baru. Tanyakan
kepada copywriter TI Anda apakah mereka memiliki kualifikasi tersier. Itu tidak
penting, dan – dengan sendirinya – itu bukan jaminan kualitas salinan, tetapi
umumnya merupakan indikator yang baik dari seseorang yang telah dilatih dalam
seni pembelajaran (yaitu meneliti, penyaringan dan pemodelan informasi, retensi
pengetahuan, dll.).
Sisi lain dari koin itu adalah waspada terhadap orang-orang
yang secara teknis memenuhi syarat. Jangan mengabaikan mereka saat terlihat
(banyak orang teknis telah menjadi copywriter IT yang hebat); ingatlah bahwa
orang yang terlatih secara teknis memiliki kecenderungan untuk menganggap remeh
banyak hal ketika berbicara dengan orang awam. Copywriter TI Anda harus dapat
memahami teknologi dan kompleksitasnya, tetapi tetap berhubungan dengan masalah
pelanggan non-teknis.
4) Pengalaman Manajemen
Siapa pun yang memiliki pengalaman manajemen – pada tingkat
apa pun – telah berurusan dengan pengambil keputusan. Mereka bahkan mungkin
telah menjadi pengambil keputusan itu sendiri. Dalam segala bentuk promosi,
Anda perlu mengajukan banding kepada pengambil keputusan. Copywriter TI Anda
perlu mengembangkan pemahaman tentang kebutuhan, pengaruh, tekanan, masalah,
lingkungan kerja, dan kendala pembuat keputusan tipikal Anda. Semakin banyak
pemahaman yang dibawa oleh copywriter TI Anda ke dalam hubungan, semakin sedikit
waktu yang Anda habiskan untuk mendidik mereka.
5) Pengalaman Pemasaran
Pengalaman pemasaran yang sebenarnya adalah nilai tambah
yang besar. Ini membawa serta pemahaman yang lebih luas tentang pemasaran
strategis dan kenyataan bekerja dengan berbagai orang yang menantang serta
produk dan layanan yang berkembang. Carilah copywriter TI dengan pengalaman
perusahaan sebagai manajer pemasaran atau koordinator pemasaran, atau seseorang
yang menjalankan bisnis copywriting dengan fokus pemasaran yang berat.
6) Testimonial
Siapa pun dapat menyebut diri mereka sebagai copywriter TI;
hanya sedikit yang memiliki kesaksian klien untuk membuktikannya. Testimonial
adalah cara yang bagus untuk memvalidasi klaim copywriter TI Anda. Mintalah
untuk melihat beberapa dan membacanya dengan cermat. Jangan hanya melihat nama
dan logo perusahaan. Anda perlu menentukan apakah kata-kata klien mendukung
klaim copywriter. Dan pastikan testimonial terkait dengan jenis pekerjaan yang
Anda lakukan (atau sesuatu dengan persyaratan serupa).