tips dan trick seorang copywriter

 

Siapa pun yang pernah mencoba memasarkan produk atau layanan TI tahu bahwa ini adalah bidang spesialis. Pelanggan Anda di industri TI memiliki persyaratan yang sangat unik dan spesifik, dan itu berarti Anda juga demikian. Untuk menulis salinan yang menarik seputar penawaran Anda, Anda memerlukan copywriter dengan pemahaman yang kuat tentang dunia TI – seseorang yang tidak takut menyebut diri mereka sebagai “IT Copywriter”.

 

Jadi, bagaimana Anda tahu ketika Anda telah menemukan copywriter TI? Dan – yang lebih penting – bagaimana Anda tahu apa yang diharapkan dari mereka? 10 tips berikut akan memberi Anda pemahaman yang baik tentang kualitas yang harus dicari – hal-hal yang membuat copywriter menjadi copywriter TI.

 

1) latar belakang TI

 

Mungkin kualitas yang paling menguntungkan dalam copywriter TI adalah latar belakang yang kuat dalam industri TI. Jika copywriter Anda berbagi pemahaman tentang domain Anda, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menjelaskan manfaat produk atau layanan Anda. Ingat terakhir kali Anda melihat seseorang berkaca-kaca saat Anda menulis lirik tentang keajaiban teknologi terbaru Anda? Anda tidak ingin itu terjadi saat Anda memberi pengarahan kepada copywriter Anda. Lebih penting lagi, Anda tidak ingin itu terjadi ketika calon pelanggan Anda membaca salinan Anda!

 

2) Pengalaman menulis teknis

 

Penulis teknis yang baik berpengalaman dalam menjembatani kesenjangan pengetahuan. Ini berarti mereka harus memahami teknologinya, tetapi mereka juga harus bisa membicarakannya dalam bahasa orang awam. Seorang copywriter dengan pengalaman menulis teknis di industri TI cenderung memiliki pengetahuan domain dan kemampuan untuk mulai bekerja. Mereka akan cepat menyerap, sehingga mereka akan memahami produk atau layanan Anda lebih cepat daripada kebanyakan orang.

 

Tentu saja, tidak setiap penulis teknis adalah copywriter TI. Anda harus yakin mereka dapat menulis salinan yang menarik – bukan hanya manual instruksi kering. Lihatlah sampel dan testimoni mereka sebelum membuat keputusan.

 

Pertimbangan penting lainnya – terutama jika Anda mencari copywriter situs web – adalah, apakah mereka memiliki pengalaman menulis online? Menulis untuk media online sama sekali berbeda dengan menulis untuk media cetak. Pembaca memiliki persyaratan dan tujuan yang berbeda, dan kondisi membaca sangat berbeda. Banyak penulis teknis telah menulis bantuan online, jadi mereka harus tahu bagaimana mengatasi perbedaan ini. Yang pasti, minta mereka untuk merekomendasikan panjang halaman maksimum atau jumlah kata per halaman. Jawaban yang benar harus mencakup beberapa komentar tentang pertukaran antara masalah pengguliran dan kebutuhan akan jumlah kata kunci yang tinggi untuk SEO. Tanyakan kepada mereka apakah mereka lebih suka kalimat panjang atau pendek (dan berharap mendengar "pendek").

 

3) Pendidikan Lanjut

 

Produk dan layanan TI umumnya sangat kompleks. Terlebih lagi, kebutuhan konsumen akhir juga sangat kompleks dan unik. Ini berarti biasanya ada kurva belajar yang cukup curam bagi siapa pun yang baru. Tanyakan kepada copywriter TI Anda apakah mereka memiliki kualifikasi tersier. Itu tidak penting, dan – dengan sendirinya – itu bukan jaminan kualitas salinan, tetapi umumnya merupakan indikator yang baik dari seseorang yang telah dilatih dalam seni pembelajaran (yaitu meneliti, penyaringan dan pemodelan informasi, retensi pengetahuan, dll.).

 

Sisi lain dari koin itu adalah waspada terhadap orang-orang yang secara teknis memenuhi syarat. Jangan mengabaikan mereka saat terlihat (banyak orang teknis telah menjadi copywriter IT yang hebat); ingatlah bahwa orang yang terlatih secara teknis memiliki kecenderungan untuk menganggap remeh banyak hal ketika berbicara dengan orang awam. Copywriter TI Anda harus dapat memahami teknologi dan kompleksitasnya, tetapi tetap berhubungan dengan masalah pelanggan non-teknis.

 

4) Pengalaman Manajemen

 

Siapa pun yang memiliki pengalaman manajemen – pada tingkat apa pun – telah berurusan dengan pengambil keputusan. Mereka bahkan mungkin telah menjadi pengambil keputusan itu sendiri. Dalam segala bentuk promosi, Anda perlu mengajukan banding kepada pengambil keputusan. Copywriter TI Anda perlu mengembangkan pemahaman tentang kebutuhan, pengaruh, tekanan, masalah, lingkungan kerja, dan kendala pembuat keputusan tipikal Anda. Semakin banyak pemahaman yang dibawa oleh copywriter TI Anda ke dalam hubungan, semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk mendidik mereka.

 

5) Pengalaman Pemasaran

 

Pengalaman pemasaran yang sebenarnya adalah nilai tambah yang besar. Ini membawa serta pemahaman yang lebih luas tentang pemasaran strategis dan kenyataan bekerja dengan berbagai orang yang menantang serta produk dan layanan yang berkembang. Carilah copywriter TI dengan pengalaman perusahaan sebagai manajer pemasaran atau koordinator pemasaran, atau seseorang yang menjalankan bisnis copywriting dengan fokus pemasaran yang berat.

 

6) Testimonial

 

Siapa pun dapat menyebut diri mereka sebagai copywriter TI; hanya sedikit yang memiliki kesaksian klien untuk membuktikannya. Testimonial adalah cara yang bagus untuk memvalidasi klaim copywriter TI Anda. Mintalah untuk melihat beberapa dan membacanya dengan cermat. Jangan hanya melihat nama dan logo perusahaan. Anda perlu menentukan apakah kata-kata klien mendukung klaim copywriter. Dan pastikan testimonial terkait dengan jenis pekerjaan yang Anda lakukan (atau sesuatu dengan persyaratan serupa).

 

LihatTutupKomentar